IC Power Laptop Rusak ? Inilah Beberapa Kebiasaan Buruk Pengguna Laptop yang Dilakukan



Ya, IC power memang merupakan komponen paling penting di dalam laptop. Selain menjadi komponen paling penting, IC power juga merupakan komponen yang paling rawan mengalami kerusakan.Yang lebih mengerikan lagi, kerusakan IC power tersebut sering terjadi bukan karena cacat produksi ataupun usia. Faktor utama yang menjadi penyebab IC power laptop rusak justru adalah karena kebiasaan buruk pengguna laptop sendiri.
Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk pengguna laptop yang semakin meningkatkan risiko rusaknya IC Power laptop:

1.      Tidak pernah membersihkan debu pada ventilasi pembuangan udara laptop
Kebanyakan pengguna laptop memang cenderung malas untuk membersihkan fisik laptopnya. Mayoritas pengguna laptop hanya memikirkan bagaimana caranya agar sistem operasi di laptopnya bersih dari virus saja.
Padahal, membersihkan fisik laptop itu juga sangat penting, terutama pada bagian ventilasi pembuangan udara. Pasalnya, ventilasi pembuangan udara laptop yang tertutup debu akan meningkatkan risiko rusaknya komponen IC power.
Ketika ventilasi pembuangan udara tertutup debu, secara otomatis suhu panas di dalam laptop tidak akan bisa dikeluarkan. Oleh sebab itu, suhu udara di dalam laptop cenderung tinggi.
Jika suhu udara di dalam laptop selalu panas, komponen pertama yang akan mengalami kerusakan adalah IC power.

2.      Menyimpan laptop pada ruangan yang lembab
Musuh utama laptop adalah kondisi ruangan yang lembab. Ketika laptop disimpan di dalam ruangan yang lembab, kemungkinan laptop untuk mengalami kerusakan akan semakin tinggi.
Salah satu alasan kenapa laptop yang disimpan di dalam ruangan yang lembab akan lebih mudah mengalami kerusakan adalah karena masalah konsleting.
Ketika ada komponen laptop yang mengalami konslet, secara otomatis yang menanggung masalah tersebut adalah IC power. Jika hal tersebut tidak segera diketahui dan diatasi, maka cepat atau lambat komponen IC power akan semakin lemah dan akhirnya akan mengalami kerusakan.

3.      Menggunakan laptop diatas kasur
Dari dulu, pengguna laptop memang sangat tidak disarankan untuk menggunakan laptop diatas kasur. Kenapa?
Hal tersebut disebabkan karena proses pembuangan udara panas di dalam laptop tidak akan maksimal jika anda meletakkannya diatas kasur.
Sama halnya seperti dengan tidak pernah membersihkan ventilasi pembuangan udara laptop, menggunakan laptop diatas kasur cepat atau lambat juga akan mempengaruhi kinerja dari komponen IC power.
Jika terus dilakukan, tidak heran jika laptop anda akan lebih cepat mengalami kerusakan.

4.      Menggunakan charger laptop yang tidak original
Kebiasaan pengguna laptop terakhir yang juga menjadi penyebab IC power laptop rusak adalah tidak menggunakan charger laptop original.
Ya, anda memang bisa mengisi ulang daya baterai laptop menggunakan charger laptop merek lain. Sepintas memang hal tersebut tidak menimbulkan masalah.

Namun perlu anda ketahui, cepat atau lambat kebiasaan tersebut bisa merusak komponen IC power laptop. Kenapa?
Pasalnya charger yang bukan bawaan dari laptop anda itu kemungkinan besar menghantarkan tegangan listrik yang berbeda dengan standard baterai laptop anda.
Jika tegangan listriknya berbeda, maka IC power laptop andalah yang akan menjadi korban. Ketika laptop anda mendapatkan aliran listrik tidak sesuai dengan standardnya, secara otomatis IC power laptop yang akan membuat tegangan listriknya stabil sesuai dengan standard.
Karena IC power terus berusaha membuat aliran listrik sesuai dengan standard yang dibutuhkan laptop, maka kemungkinan besar IC power akan mengalami kerusakan.
Oleh sebab itu, pengguna laptop sangat disarankan untuk selalu menggunakan charger bawaan laptopnya ketika mengisi daya baterai ataupun ketika menggunakan laptop.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Author

NMC Page

Popular Posts

Recent Posts

Pages

Theme Support

Template ini telah di Validasi Oleh Team NMC